Tupoksi

Tugas pokok dan fungsi KESBANGPOL Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 19 Tahun 2014, dengan uraian tugas sebagai berikut :

A. Tugas pokok Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanah Bumbu adalah Melaksanakan Penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kesatuan Bangsa dan Politik .
Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagimana dimaksud pada ayat (1) Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. Penyusunan program dan kegiatan pengelolaan ketatausahaan.
b. Penyiapan perumusan pelaksanaan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi, pemantauan, pengawasan dan evaluasi kegiatan di bidang bina ideologi dan wawasan kebangsaan.
c. Penyiapan perumusan pelaksanaan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi, pemantauan, pengawasan dan evaluasi kegiatan di bidang politik dan kewaspadaan nasional; dan
d. Penyiapan perumusan pelaksanaan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi, pemantauan, pengawasan dan evaluasi kegiatan di bidang ketahanan seni, budaya, agama, kemasyarakatan dan ekonomi..
Untuk menjabarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), Kantor kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai uraian tugas sebagai berikut;
a. Menetapkan kebijakan operasional dan pelaksanaankegiatan dibidang ideologi dan wawasan kebangsaan, politik dan kewasapadaan nasional serta ketahanan seni, budaya, agama, kemasyarakatan, ekonomi dan ketatausahaan.
Melaksanakan pembinaan, pengawasan dan penyelenggaraan pemerintahaan dikecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat (bimbingan, supervise dan konsultasi, perencanaan, penelitian,
b. pemantauan, pengembangan dan evaluasi) serta peningkatan kapasitas aparatur dibidang ketahanan idelogi Negara, wawasan kebangsaan, bela Negara, nilai-nilai sejarah kebangsaan dan penghargaan kebangsaan.
c. Melaksanakan kegiatan koordinasi, pengawasan, pembianaan, dan penyelenggaraan pemerintahan dikecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat (bimbingan, supervise dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evaluasi) serta peningkatan kapasitas aparatur dibidang kewaspadaan dini, kerjasama intelkam, bina masyarakat, perbatasan dan tenaga kerja, penanganan konlfik pemerintahan, penanganan konflik social, pengawasan orang asing dan lembaga asing.
d. Melaksanakan kegiatan koordinasi, pengawasan, pembianaan, dan penyelenggaraan pemerintahan dikecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat (bimbingan, supervise dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evaluasi) serta peningkatan kapasitas aparatur dibidang system dan impelemntasi politik, kelembagaan poltik pemerintah, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasilitasi pemilu, pilpres dan pilkada.
e. Melaksanakan kegiatan koordinasi, pengawasan, pembinaan, dan penyelenggaraan pemerintahan dikecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat (bimbingan, supervise dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evaluasi) serta peningkatan kapasitas aparatur dibidang ketahanan seni budaya, agama dan kepercayaan, pembauran dan akulturasi budaya, organisasi kemasyarakatan, penanganan masalah sosial kemasyakatan.
f. Melaksanakan kegiatan koordinasi, pengawasan, pembianaan, dan penyelenggaraan pemerintahan dikecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat (bimbingan, supervise dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evaluasi) serta peningkatan kapasitas aparatur dibidang kebijakan dan ketahanan sumber daya alam, ketahanan perdagangan, investasi, fiscal dan moneter, prilaku masyarakat, kebijakan dan ketahanan organisasi kemasyarakatan perekonomian.
g. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.
Unsur-unsur organisasi kantor Kesatuan Bangsa dan Politik
a. Sub Bagian Tata Usaha
b. Seksi Bina ideologi dan Wawasan Kebangsaan.
c. Seksi B.ina Politik dan Kewaspadaan Nasional
d. Seksi Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi
e. Kelompok Jabatan Fungsional.
Untuk melaksanakan tugas dan fungsi diatas maka harus didukung dengan unsur-unsur organisasi Kantor Kesatuan Bangsa danPolitik Kabupaten Tanah Bumbu yang terdiri dari :
A. Tata Usaha
Sub Bagian Tata Usaha Mempunyai tugas Melaksanakan pembinaan Administrasi kepegawaian, keuangan. Surat menyurat, perlengkapan rumah tangga, humas, keprotokalan dan ketatalaksanaan.
Sub Bagian Tata Usaha mempunyai uraian tugas sebagai erikut :
a. Menyiapkan dan menyusun bahan program kerja serta memberikan pelayanan administrasi kepada semua unsur
b. Menyajikan bahan dalam rangka penyusunan rencana dan program kerja serta memberikan pelayanan administrasi meliputi surat menyurat , kearsipan, perjalanan dinas, mendistribusikan surat sesuai bidang.
c. Menyiapkan bahan pengelolaan keuangan meliputi urusan pembendaharaan, akuntansi, verifikasi, ganti rugi, tindak lanjut LHP dan perlengkapan.
d. Menyiapkan bahan pengelolaan administrasi kepegawaian, meliputi usulan kenaikan pangkat, mutasi, usulan pensiun, gaji berkala, usulan tugas belajar, urusan rumah tangga, hukum dan organisasi serta kelengkapan kehumasan dan keprotokolan.
e. Menyiapkan bahan penyusunan standarisasi meliputi bidang kepeg
waian, pelayanan, organisasi dan ketatalaksanaan.
f. Mengumpulkan dan menyiapkan bahan Penyusunan Rencana Strategi (Renstra), Rencana Anggaran SatuanKerja (RASK), Dan Dokumen Antar Satuan Kerja (DASK) dari masing-masing seksi .
g. Menyusun realisasi perhitungan anggaran dan administrasi pembendaharaan unit kerja
h. Menyusun neraca keuangan unit kerja;
i. Mengumpulkan dan menyiapkan bahan laporan Akuntabilitas kinerja instansi dari masing-masing seksi.
j. Menyiapkan bahan pengawasan pelaksanaan perogram kerja dan administrasi kantor kesbangpol.
k. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan.
l. Melakukan tugas lain dari atasan..
Unsur-unsur Sekretariat terdiri dari :
a. Bendahara Pengeluaran
Mempunyai tugas mengelola data kegiatan perencanaan dan keuangan, laporan kegiatan kantor dan menyelenggarakan kegiatan keuangan kantor
b. Penyimpan Barang
Mempunyai tugas Menerima, menyimpan dan menyalurkan barang nilik daerah serta menghimpun dokumen pengadaan barang, mencatat dan mengamankan serta membuat laporan penerimaan, penyaluran barang kepada kepala SKPD
A. Pengurus Barang
Mempunyai tugas mencatat seluruh milik daerah yang berada dimasing-masing SKPD yang berasal dari APBD maupun porelahan lain yang sah kedalam kartu Inventaris barang (KIB), Kartu inventaris Ruangan (KIR), Buku Inventaris (BI) dan Buku induk Inventaris (BII) sesuai kodefikasi dan penggolongan barang milik daerah serta menyiapkan laporan Baarang Pengguna Semesteran (LPBS) dan Laporan Barang Pengguna Tahunan (LBPT) dan menyiapkan usulan penghapusan barang milik daerah yang rusak atau tidak dipergunakan lagi
A. Kasi Bina Ideologi dan wawasan kebangsaan.
Kasi Bina Ideologi dan wawasan kebangsaan mempunyai tugas Menyiapkan bahan pembinaan dan koordinasi pembinaan idielogy dan wawasan kebangsaan sesuai kewenangan pemerintahan kabupaten.
Kasi Bina Ideology dan wawasan kebangsaan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun program dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan pembinaan ideologi dan wawasan kebangsaan.
b. Melaksanakan bahan pembinaan dan fasilitasi dan peningkatan aparatur kesbangpol dibidang ketahanan ideologi, wawasan kebangsaan, bela negara, nilai-nilai sejarah kebangsaan dan penghargaan kebangsaan.
c. Mengumpulkan, menganalisa dan mengolah data dan petunjuk teknis pelaksanaan dan fasilitasi kegiatan di bidang ketahanan ideologi wawasan kebangsaan, bela negara, nilai-nilai sejarah kebangsaan dan penghargaan kebangsaan.
d. Menyelenggaraklan mediasi dan koordinasi dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat (bimbingan, supervise, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan eavalusai) di bidang ketahanan ideology wawasan kebangsaan, bela negara, nilai-nilai sejarah kebangsaan dan penghargaan kebangsaan.
e. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis dan bahan kerjasama dengan instansi lain melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan kelurahan, desa dan masyarakat di bidang ketahanan ideologi wawasan kebangsaan, bela negara, nilai-nilai sejarah kebangsaan dan penghargaan kebangsaan termasuk fasilitasi pembinaan dan pengawasan terhadap bekas tahanan dan narapidana G 30S/PKI.
f. Menyiapkan bahan dan penyunan laporan rencana kerja seksi.
g. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atassan sesuai dengan bidang tugasnya
B. Seksi Politik dan Kewaspadaan Nasional
Seksi Politik dan kewaspadaan nasional mempunyai tugas Menyiapkan, mengumpulkan, menganalisa, mengolah data dan informasi pelaksanaan pembinaan politik dan kewaspadaan nasioanal.
Seksi Politik dan kewaspadaan nasional mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun program kegiatan di bidang politik dan kewaspadaan nasional.
b. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis kegiatan di bidang politik dan kewaspadaan nasional.
c. Mengumpulkan, mengolah data informasi, menyiapkan petunjuk teknis koordinasi dbidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
d. Menyelenggarakan mediasi dan fasilitasi pelaksanaan dbidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
e. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis koordinasi dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemeirntahan (bimbingan, supervisi, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evalusi) dibidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
f. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis dan bahan kerjasama dengan instansi lain melaksanakan pengawasan penyelenggaraan bidang kesbangpol sistem dan implementasi politik, kelembagaan a. politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
g. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis fasilitasi pembinaan dan peningkatan kapasitas apartur kesbangpol dibidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
h. Menyiapkan bahan dan fasilitasi admninistrasi bantuan dan legalitas keberadaan partai politik
i. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis koordinasi dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan, kelembagaan (bimbingan, supervisi, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evalusi) dibidang kewaspadaan dini, kerjasama intelkam, bina masyarakat, perbatasan dan tenaga kerja, penanganan konflik pemerintah, penanganan konflik sosial, pengawasan orang asing dan lembaga asing.
j. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis dan bahan kerjasama dengan instansi lain melaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dibidang kewaspadaan dini, kerjasama intelkam, bina masyarakat, perbatasan dan tenaga kerja, penanganan konflik pemerintah, penanganan konflik sosial, pengawasan orang asing dan lembaga asing.
k. Melaksanakan pembinaan hubungan antar pemerintah daerah dengan organisasi politik, sosial dan kemasyarakatan.
l. Menyiapkan bahan dan melaksankan koordinasi dengan instansi terkait dibidang pencegahan/ pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya.
m. Menyiapkan bahan dan penyusunan laporan rencana kerja bidang dan subbidang
n. Mengevaluasi pelaksanaan tugas.
o. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atassan sesuai dengan bidang tugasnya

C. Seksi Ketahanan seni, budaya, agama, kemasyarakatan dan ekonomi
Seksi Ketahanan seni, budaya, agama, kemasyarakatan dan ekonomi mempunyai tugas menyiapkan megumpulkan, menganalisa, mengolah data dan informasi pelaksanaan pembinaan ketahanan seni, budaya, agama, kemasyarakatan dan ekonomi
Seksi Ketahanan seni, budaya, agama, kemasyarakatan dan ekonomi mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun program dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang ketahanan seni dan budaya, agama dan kepercayaan, pembauran dan akulturasi budaya, organisasi kemasyarakatan, penanganan masalah sosial kemasyarakatan.
b. Melaksanakan fasilitas pembinaan hubungan kemitraan dan menyiapkan bahan petunjuk teknis fasilitasi dan pelaksanaan kegiatan di bidang ketahanan seni dan budaya, agama dan kepercayaan, pembauran dan akulturasi budaya, organisasi kemasyarakatan, penanganan masalah sosial kemasyarakatan.
c. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis koordinasi dan failitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan (bimbingan, supervisi, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evalusi) di bidang ketahanan seni dan budaya, agama dan kepercayaan, pembauran dan akulturasi budaya, organisasi kemasyarakatan, penanganan masalah sosial kemasyarakatan
d. Melakasanakan pemantauan, pengawasan dan evaluasi penyelenggaran pemerintahan di bidang ketahanan seni dan budaya, agama dan kepercayaan, pembauran dan akulturasi budaya, organisasi kemasyarakatan, penanganan masalah sosial kemasyarakatan
e. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis fasilitasi pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur kesbangpol di bidang ketahanan seni dan budaya, agama dan kepercayaan, pembauran dan a. akulturasi budaya, organisasi kemasyarakatan, penanganan masalah sosial kemasyarakatan.
f. Menyusun program dan menyiapkan bahan koordinasi dan perumusan kebijakan teknis dibidang ketahanan sumber daya alam, ketahanan perdagangan, investasi fiscal dan moneter, prilaku masyarakat, kebijakan dan ketahanan lembaga usaha, ekonomi, kebijakan dan ketahanan organisasi kemasyarakatan perrekonomian.
g. Melaksanakan fasilitasi pembinaan hubungan kemitraan dan menyiapkan bahan petunujuk teknis fasilitasi dan pelaksanaan kegiatan dibidang ketahanan sumber daya alam, ketahanan perdagangan, investasi fiscal dan moneter, prilaku masyarakat, kebijakan dan ketahanan lembaga usaha, ekonomi, kebijakan dan ketahanan organisasi kemasyarakatan perrekonomian.
h. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis koordinasi dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan (bimbingan, supervisi, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evaluasi) dibidang ketahanan sumber daya alam, ketahanan perdagangan, investasi fiscal dan moneter, prilaku masyarakat, kebijakan dan ketahanan lembaga usaha, ekonomi, kebijakan dan ketahanan organisasi kemasyarakatan perekonomian.
i. Melakasanakan pemantauan, pengawasan dan evaluasi penyelenggaran pemerintahan dibidang ketahanan sumber daya alam, ketahanan perdagangan, investasi fiscal dan moneter, prilaku masyarakat, kebijakan dan ketahanan lembaga usaha, ekonomi, kebijakan dan ketahanan organisasi kemasyarakatan perekonomian.
j. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis fasilitasi pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur kesbangpol dibidang ketahanan sumber daya alam, ketahanan perdagangan, investasi fiscal dan moneter, prilaku masyarakat, kebijakan dan ketahanan lembaga usaha, ekonomi, kebijakan dan ketahanan organisasi kemasyarakatan perekonomian.
k. Menyiapkan bahan penyusunan laporan kegiatan pembinaan antar lembaga dan menyimpan arsip penting hubungan antar lembaga.
l. Menyiapkan bahan pemberian izin penelitian diwilayah kabupaten Tanah Bumbu.
m. Membuat laporan kegiatan dan laporan rencana kerja
n. Mengevaluasi pelaksanaan tugas.
o. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atassan sesuai dengan bidang tugasnya.