Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan di SMK Tunas Bangsa

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) pada Selasa (25/02/2020) gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kelompok Kerja Penyelenggaraan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Bangsa Batulicin.
Sosialisasi dalam rangka antisipasi berbagai kerawanan bidang ideologi dan wawasan kebangsaan sebagai akibat pengaruh globalisasi, yang ditandai antara lain semakin menurunnya rasa kebangsaan dan cinta tanah air, khususnya bagi kalangan remaja dan generasi muda di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh murid kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Bangsa Batulicin.
Menurut Kepala Kantor Kesbangpol Tanbu, Darmiadi, sosialisasi wawasan kebangsaan memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada kepada para siswa yang menjadi peserta untuk membangun jatidiri bangsa supaya menjadi bangsa yang semakin bersatu, rukun, kuat dan makin stabil untuk negara Kesatuan Republik Indonesia
“Sehingga dengan adanya Pendidikan wawasan kebangsaan ini, akan memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan meningkatkan rasa patriotisme,” jelasnya.
Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang terhadap diri dan Lingkungan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila sebagai Dasar Negara, sedangkan sebagai landasan Konstitusional Negara adalah Undang-Undang Dasar 1945.
Dasar dari kegiatan ini lanjutnya adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri No 71 Tahun 2012, tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan ini program di Tahun 2020 yang terkait dengan Bina Ideologi Dan Wawasan Kebangsaan.
Sedangkan sasaran kegiatan adalah siswa-siswa SLTA sederajat Dan Majelis Taqlim yang Ada di Kabupaten Tanah Bumbu.
Kemudian Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Bangsa Batulicin saat memberikan sambutan berharap agar siswa kelas X mampu mendapatkan hal positif dari sosialisasi itu.
“Kegiatan yang diprakarsai oleh Kantor Kesbangpol ini untuk mensosialisasikan kepada murid tentang keadaan di jaman sekarang ini, dan itu merupakan pelajaran yang sangat baik. Hal ini agar mereka tidak termakan isu-isu yang akhirnya akan menjerumuskan kedalam hal yang tidak baik,” ungkapnya.
Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Kantor Kemenag Kab. Tanah Bumbu, Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kab. Tanah Bumbu, dan BPBD Kab. Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *