Kemendagri Gelar Rakor Evaluasi Aktivitas Ormas di Surabaya

Kementerian Dalam Negeri  gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Aktifitas Organisasi Kemasyarakatan pada tanggal 11 Oktober 2018 di Ballroom Brawijaya, Novotel Surabaya.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Organisasi kemasyarakatan, Lutfi mewakili Ditjen Polpum. Dalam sambutannya, Lutfi mengatakan gagasannya untuk melakukan mapping data dukungan ormas terhadap masing-masing Capres. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah represif, yakni antisipasi terhadap gesekan antar ormas pada pelaksanaan Pemilu 2019.

Dalam kesempatan ini Lutfi juga menyampaikan harapan atas reposisi peran ormas sebagai fasilitator penyampaian informasi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, kekuatan sosial kontrol konstruktif, dan mendorong efektifitas program pemerintah.

Turut hadir dalam rakor ini Deputi I bidang Poldagri, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mayjen Wawan Kustiawan.

Dalam sambutannya, Wawan menyampaikan apresiasi kepada Kemendagri, melalui Direktur Organisasi Kemasyarakatan, yang dinilai aktif dalam melakukan pembinaan terhadap ormas melalui monitoring dan evaluasi aktifitas ormas.

Hadir pula dalam kegiatan, Analis Permasalahan Hukum, Badan Hukum Sosial, Ditjen AHU, Kementerian Hukum dan HAM, Adi Kurniawan, dan Ketua Kelompok Dalam Negeri, PPATK Defind TR yang menyampaikan mekanisme pengawasan terhadap aliran dana ormas serta tata cara penerimaan dan pemberian sumbangan oleh ormas.

Turut hadir kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Kewaspadaan, Edy Supriyanto, S.STP.,M.Psdm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *