Mendagri Minta Program Daerah Selaras dengan Pusat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah menyelarasakan program kerja dengan pemerintahan pusat. Ini penting agar pembangunan di masyarakat bisa terus berjalan.

“Dan bagi kami, program Pak Jokowi harus jalan di daerah. Makanya harus sinkron dengan program Pak Gubernur, sinkron dengan wali kota, bupati,” kata Tjahjo kepada wartawan usai diskusi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Tjahjo menyebut perlu pembahasan lagi bila ada program sesuai janji kampanye kepala daerah pada pilkada bertentangan dengan pemerintah pusat.

“Daerah punya kewenangan, diskresi kepala daerah. Misalnya pusat ingin A, tapi janji kampanye gubernur B, hargai dong. Soal perkembangan ada titik temu nanti, urusan pusat daerah rembukan duduk bersama,” ujar Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo ingin agar perumusan RPJMD sesuai dengan kebutuhan daerah. Apa yang diprogramkan harus secara logis bisa dipraktikkan.

“Setiap kepala daerah kan punya janji kampanye. Setelah jadi, merumuskan programnya itu tapi tidak menyimpang dari kondisi daerah. Jangan sampai daerah pegunungan membuat daerah pantai,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *