Tupoksi Kepala Seksi Politik dan Kewaspadaan Nasional

 

Seksi Politik dan kewaspadaan nasional mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun program kegiatan di bidang politik dan kewaspadaan nasional.
b. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis kegiatan di bidang politik dan kewaspadaan nasional.
c. Mengumpulkan, mengolah data informasi, menyiapkan petunjuk teknis koordinasi dbidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
d. Menyelenggarakan mediasi dan fasilitasi pelaksanaan dbidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
e. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis koordinasi dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemeirntahan (bimbingan, supervisi, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evalusi) dibidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
f. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis dan bahan kerjasama dengan instansi lain melaksanakan pengawasan penyelenggaraan bidang kesbangpol sistem dan implementasi politik, kelembagaan a. politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
g. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis fasilitasi pembinaan dan peningkatan kapasitas apartur kesbangpol dibidang sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, budaya dan pendidikan politik, fasiltasi pemilu, pilpres dan pilkada.
h. Menyiapkan bahan dan fasilitasi admninistrasi bantuan dan legalitas keberadaan partai politik
i. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis koordinasi dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan, kelembagaan (bimbingan, supervisi, dan konsultasi, perencanaan, penelitian, pemantauan, pengembangan dan evalusi) dibidang kewaspadaan dini, kerjasama intelkam, bina masyarakat, perbatasan dan tenaga kerja, penanganan konflik pemerintah, penanganan konflik sosial, pengawasan orang asing dan lembaga asing.
j. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis dan bahan kerjasama dengan instansi lain melaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dibidang kewaspadaan dini, kerjasama intelkam, bina masyarakat, perbatasan dan tenaga kerja, penanganan konflik pemerintah, penanganan konflik sosial, pengawasan orang asing dan lembaga asing.
k. Melaksanakan pembinaan hubungan antar pemerintah daerah dengan organisasi politik, sosial dan kemasyarakatan.
l. Menyiapkan bahan dan melaksankan koordinasi dengan instansi terkait dibidang pencegahan/ pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya.
m. Menyiapkan bahan dan penyusunan laporan rencana kerja bidang dan subbidang
n. Mengevaluasi pelaksanaan tugas.
o. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atassan sesuai dengan bidang tugasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *